Selasa, 20 Juli 2010

Hukum Baru dalam Fisika Modern

Hee..pernah denger sebuah teori tentan efek fotolistrik? Ternyata salah satu bagian dari fisika modern ini jika diteliti lagi dapat menghasilkan sebuah hukum baru yang akan membuat Anda menggeleng-geleng antara percaya dan tidak. Tentu setelah efek ini disatukan dengan sebuah efek lain yang terkait. Apakah itu? Mari simak penjelasannya berikut.

Efek fotolistrik adalah salah satu bahasan dalam fisika modern terkait dualisme partikel-gelombang. Aspek penting dalam efek fotolistrik adalah ketika dilakukan observasi pertamanya bahwa:

1. elektron langsung dipancarkan.
2. meningkatnya intensitas cahaya meningkatkan jumlah fotolistrik tapi tidak sampai pada energi kinetik maksimumnya.
3. sinar merah tidak menyebabkan penyemburan elektron berapapun intensitasnya.
4. sinar ungu yang lemah akan memancarkan sedikit elektron, tapi energi kinetik maksimumnya lebih tinggi daripada cahaya yang memiliki panjang gelombang lebih panjang.

Setidaknya itu poin pentingnya. Nah, jika kemudian dilakukan sebuah observasi lain dengan menambahkan gelombang bunyi dari speaker pc, maka akan menimbulkan sebuah efek perubahan di gelombang otak yang menyebabkan Anda akan merasakan ketenangan sekaligus kecemasan. Mengapa ini bisa terjadi? Ternyata hal ini disebabkan efek fotolistrik menimbulkan perubahan gelombang pada otak Anda dan Anda merasakan kecemasan akibat harus dipahaminya konsep secara menyeluruh. Sedangkan gelombang bunyi yang berasal dari speaker pc merupakan lantunan musik bernuansa cinta, persahabatan dan rasa. Hal ini antara lain menyebabkan gelombang dalam otak Anda akan mengalami ketenangan, namun terkadang membuat Anda merasa sedih atau kecewa.

Dari hasil observasi inilah muncul sebuah konsep baru bernama Hukum meusiseu I yang merupakan sebuah konsep yang perlu dipahami oleh setiap mahasiswa Teknik Informatika yang sedang belajar Fisika Komputasi.

Hukum meusiseu I ini berbunyi, “Ketika sindrom fisika modern memasuki kehidupan Anda dan efek fotolistrik mempengaruhi kehidupan Anda, maka jauhkanlah gelombang bunyi bernuansa cinta atau dikenal dengan lagu mellow karena hal ini akan menimbulkan efek meusiseu*.”

*meusiseu diambil dari istilah bahasa aceh, dalam bahasa Indonesia berarti berantakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar